Sabtu, 23 September 2017

Resep Sop Buntut Terenak Sepanjang Masa



Allohaaa... Assalamualaikum, ini adalah postingan pertama gue yang berseri walaupun sebelum-sebelumnya gue pernah posting resep makanan tapiiii kali ini gue bakalan merubah penampilan atau merubah 'cara' gue dalam memposting. Yaaa biar lebih menarik dan berwarna aja gitcuuhh. Hehehe

Kalo kalian nanya "Loh katanya dapur anak kost?
Iyaps, betul sekali tapi kali ini berhubung sebenernya menu ini atau foto yang gue ambil ini gue ambil pas lebaran haji kemarin jadi wajar kalo anak kost punya daging yakaan? Secara pasti kebagian dari warga. Kan anak kost juga membutuhkan. Uhuk!

Anyway, ini kenapa gue dapet 'buntut sapi' sebenernya bukan pas gue lagi di kosan. Tapiiii ini gue dapet pas di rumah, Bokap gue dapet banyak banget daging (Bokap gue Ustadz walaupun gue gak beres) jadilah sampe berhari-hari stok daging menumpuk di Freezer.

Yaudah lah daripada berlama-lama intermezo capcusss aja langsung ke resepnya ya.




Bahan-bahannya adalah:

Bahan utama:
- Buntut Sapi (pokoknya gue punya 1 buntut doang)
- 2 liter air (kalo mau banyak tambahin lagi gapapa)
- Minyak sayur (secukupnya aja, buat numis)
- 3 butir cengkeh
- sejumput kayu manis bubuk (1 batang juga gapapa)
- 1 sdt pala bubuk
- Wortel (optional, gue gak pake)
- Kentang (optional, gue gak pake)
- Garam dan gula pasir disesuaikan aja sesuai selera.

Bumbu yang dihaluskan:
- 5 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- 1/2 bawang bombai (optional)
- Jahe secukupnya

Bahan Pelengkap:
- Tomat (potong sesuai selera)
- Daun bawang, potong sedang
- Seledri, potong sedang
- Jeruk nipis / limau
- Bawang goreng
- Sambal
- Kecap

Cara membuatnya:
  1. Didihkan air (jangan lupa) dengan buntut sapi yang udah dipotong-potong yaa. Kalo udah mendidih, kecilkan api kemudian masak dengan api sedang sampe daging empuk (kalo kalian pakai wortel dan kentang gausah terlalu empuk karna nanti rebus kentangnya lama lagi).
  2. Setelah matang dan empuk, daging diangkat dari panci kemudian saring air rebusan daging. Sisihkan
  3. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus, kayu manis, cengkeh dan pala bubuk sampe wanginya nyolok ke idung. Sisihkan.
  4. Masak lagi daging bersama air sebusannya yang udah disaring di atas api sedang. Masukkan tumisan bumbu. Masak hingga mendidih.
  5. Kalo kalian pakai wortel dan kentang, masukin aja langsung ya bareng dengan garam, gula pasir dan lada putih. Kecilkan api, masak sampe wortel dan kentang matang. Jika sudah masak sempurna, matikan api. Hidangkan sop buntut bersama dengan irisan tomat, daun bawang, daun seledri dan bawang merah.
  6. Biar lebih seger jangan lupa tambahin air jeruk nipis/limau dan sambal.
NB: Kalo kata Nyokap gue, Sop Buntut jangan lupa bumbunya tambahin pala karena kalo gak pake pala yaa namanya bukan Sop Buntut tapi Sop Biasa.
- Garam dan penyedap rasa bisa ditambahkan lagi kalo masih kurang, pokoknya icip icip terus yaa.

Oke sekian dulu resep kali ini semoga bisa coba di rumah yaa semuanya.

Salam,
Dindahiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar